Kamis, 26 Maret 2009

Pelayanan Anak: Memerhatikan Kebutuhan Tiap Anak di Dalam Kelas


Memerhatikan Kebutuhan Tiap Anak di Dalam Kelas


KASIH

  1. Setiap anak membutuhkan guru yang mengasihi dia, menginginkan dia, dan menyukai dia.
  2. Bahwa dia sangat penting bagi gurunya.
  3. Setiap anak ingin gurunya dekat kepadanya dan memedulikan apa yang terjadi pada dirinya.

PENERIMAAN

Setiap anak harus percaya:
  1. bahwa guru sekolah minggunya menyukai pribadinya sebagaimana adanya;
  2. bahwa gurunya akan terus menyukainya, meskipun kadang-kadang dia nakal;
  3. bahwa gurunya tetap menerimanya, walaupun guru itu mungkin tidak setuju dengan perbuatan-perbuatan yang dilakukannya.

KEAMANAN

Setiap anak perlu tahu:
  1. bahwa kelasnya merupakan tempat yang baik dan aman, bahwa dia bisa mempunyai kepastian tentang kelas itu;
  2. bahwa gurunya senantiasa ada, khususnya dalam masa-masa sulit;
  3. bahwa dia cocok dan bahwa dia diinginkan oleh anggota-anggota lain dalam kelas itu.

PERLINDUNGAN

Setiap anak harus mengetahui dan merasakan:
  1. bahwa gurunya akan tetap melindunginya karena Allah ada di dalam kelas itu;
  2. bahwa gurunya akan menolongnya saat dia harus menghadapi situasi-situasi yang belum pernah dikenal, yang aneh, dan yang menakutkan.

KEMERDEKAAN

Setiap anak harus tahu:
  1. bahwa gurunya menghendaki agar dia bertumbuh dan berkembang;
  2. bahwa gurunya menaruh kepercayaan kepadanya dan kepada kemampuannya untuk melakukan sendiri sesuatu hal bagi dirinya dan bagi orang lain.

IMAN

Setiap anak harus memiliki:
  1. iman kepada Allah dan kepada manusia;
  2. norma-norma susila yang berdasarkan Firman Allah;
  3. kepercayaan kepada nilai-nilai kemanusiaan -- berupa kebaikan hati, kejujuran, keberanian, keadilan, kemurahan hati -- dan kepada Allah.

BIMBINGAN

Setiap anak harus mendapatkan:
  1. pertolongan yang ramah dalam belajar -- bagaimana seharusnya bersikap terhadap sesama dan benda;
  2. orang dewasa di sekolah minggu yang memberikan teladan bagaimana bergaul dengan orang lain.

PENGAWASAN

Setiap anak harus tahu:
bahwa ada batasan-batasan tertentu bagi hal-hal yang boleh dilakukannya dan bahwa gurunya akan menjaga agar dia tidak melampaui batasan-batasan itu.

Setiap guru sekolah minggu perlu mengikuti petunjuk-petunjuk di atas untuk menolong murid-muridnya agar menjadi warga sekolah minggu yang penting dan dapat menyesuaikan diri.

Sumber:
  • Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1, , halaman 265 -- 266, Yayasan Penerbit Gandum Mas, Malang, 1997.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar